Selasa, 02 April 2013

Aturan Baru dalam Kualifikasi MotoGP 2013

Aturan baru kualifikasi MotoGP 2013 akan mengalami perubahan. Seperti halnya yang dilakukan oleh Formula 1 dan Superbike dengan sistem knock out. Namun, pada MotoGP tetap memperhitungkan performa latihan bebas sebagai penentuan posisi pembalap dalam perlombaan.

Latihan bebas atau Free Practice (FP) akan terdiri dari 4 sesi, yaitu FP 1, FP 2, FP 3 dan FP 4. Masing-masing berdurasi 45 menit, sedangkan FP 4 berdurasi 30 menit. Sepuluh rider yang mencatatkan waktu terbaik pada FP 1, FP 2, dan FP 3 akan masuk pada Kualifikasi 2 atau Qualifiying Pratice (QP) 2. Sedangkan pembalap yang tidak bisa masuk dalam sepuluh besar pada FP 1, FP 2 dan FP 3 akan masuk ke dalam QP 1.

Lalu bagaimana dengan FP 4 ? FP 4 mempunyai peranan penting dalam sesi kualifikasi. Karena terdapat peraturan dasar penentuan limit 107% pada FP 1, FP 2, FP 3 dan FP 4. Limit tersebut digunakan agar pembalap dapat ikut kualifikasi (QP) 1 atau QP 2. Jika pembalap tidak mencapai limit 107% maka pembalap tersebut otomatis tidak dapat mengikuti perlombaan.

QP 1 akan memperebutkan posisi 13 sampai dengan terakhir. Pembalap yang mampu mencatatkan diri sebagai pembalap tercepat pertama dan kedua pada QP 1, berhak mengikuti QP 2. Sedangkan, QP 2 akan memperebutkan pole position hingga posisi ke 12.

Dengan aturan ini diharapkan pembalap mampu memaksimalkan motor tunggangannya dalam sesi latihan maupun kualifikasi. Karena pada musim-musim sebelumnya banyak pembalap mengeluhkan sesi kualifikasi yang terdapat begitu banyak motor di lintasan sehingga tidak mampu mencatatkan waktu terbaiknya.

Berikut adalah aturan yang dikeluarkan oleh FIM :

Prosedur Kualifikasi Baru
1. Tiga latihan bebas (FP) akan tetap dilaksanakan seperti pada musim-musim sebelumnya. Akan tetapi, tiga latihan bebas ini menentukan pembalap pada sesi kualifikasi.
2. Sepuluh pembalap tercepat pada tiga latihan bebas akan  bertarung di QP 2.
3. Pembalap yang terlempar dari sepuluh besar pada tiga latihan bebas masuk QP 1.
4. Dua pembalap tercepat di QP 1 maju pada QP 2 sehingga ada 12 pembalap pada QP 2 untuk memperebutkan posisi 1 sampai 12.
5. Para pembalap yang tidak masuk 2 tercapat pada QP 1 akan menduduki posisi 13 hingga akhir.

Latihan dan Jadwal Kualifikasi
Hari 1 :
- Latihan bebas (FP) 1 (45 menit) : menentukan waktu pada kualifikasi
- Latihan bebas (FP) 2 (45 menit) : menentukan waktu pada kualifikasi
Hari 2 :
- Latihan bebas (FP) 3 (45 menit) : menentukan waktu pada kualifikasi
- Latihan bebas (FP) 4 (30 menit) : tidak menentukan waktu namun terdapat limit 107%
Istirahat 10 menit
- Kualifikasi (QP) 1 (15 menit) : 2 tercepat berhak maju QP 2, sedangkan sisanya memperebutkan posisi 13 dan seterusnya.
Istirahat 10 menit
- Kualifikas (QP) 2 (15 menit) : menentukan pole position sampai posisi ke 12.

sumber : bolanews.com dan kompas.com
 

1 komentar:

  1. mas... aturan g pake QP ini sdh diberlakukan d motogp 2013 atau msh bsk utk 2014 ya?
    trus yg d maksud limit 107% itu gimana sich?
    tq

    BalasHapus