Minggu, 07 April 2013

Lorenzo Menang, Rossi-Marquez Jadi Bintang

Juara dunia bertahan, Jorge Lorenzo sukses menjadi pemenang pada race pembuka Motogp musim 2013 di Sirkuit Losail, Qatar, Senin (8/4) dini hari WIB. Lorenzo tampil dominan sejak start, namun yang menjadi bintang adalah rider veteran Valentino Rossi dan rookie Marc Marquez.

Sejak awal, lomba malam hari berdurasi 22 lap itu memang sudah diprediksi akan didominasi Lorenzo. Catatan waktu rider bernomor 99 itu di kualifikasi terbilang sensasional dan akan sangat sulit diimbangi rider lain. Tak heran ketika start dimulai, Lorenzo langsung berada di depan dan tidak terkejar hingga finis.

Aksi seru justru ditunjukkan rider lain di belakang Lorenzo. Dani Pedrosa, rider tim Repsol Honda, memimpin grup di belakang Lorenzo. Di lap-lap awal, Andrea Dovizioso yang musim ini tampil bersama tim Ducati, menunjukkan potensi bakal meramaikan pertarungan saat ia saling susul dengan mantan rekan satu timnya, Cal Crutchlow. Masih tampil bersama Yamaha Tech 3, Crutchlow seperti ingin menuntaskan sensasi yang dibuatnya di sesi latihan bebas dan kualifikasi.

Seiring berjalannya lomba, Pedrosa memimpin grup yang berisi Marc Marquez dan Crutchlow. Veteran yang musim ini bergabung lagi bersama Yamaha, Valentino Rossi sempat tercecer di grup tiga setelah di awal lomba melebar saat akan menyusul Dovizioso.

Hingga lap 12, lomba belum menunjukkan tanda-tanda akan berjalan seru. Akan tetapi, selanjutnya saat ban mulai habis, Rossi mulai bergabung dengan grup dua dan lomba mulai berlangsung seru. Di saat hampir bersamaan, Marquez juga berhasil menyusul Pedrosa di trek lurus. Upaya Marquez untuk menyusul Pedrosa memang sempat tertahan lama karena keduanya sama-sama kuat di tikungan. Pedrosa sangat cepat saat keluar tikungan, sementara Marquez cepat di puncak tikungan (apex).

Berhasil menyusul Crutchlow dan Pedrosa, menyisakan Rossi dan Marquez yang bertarung memperebutkan posisi runner up. Tiga lap terakhir sanggup membuat penonton menahan nafas dan bersorak saat keduanya saling susul menunjukkan skill yang mereka miliki. Marquez sempat berhasil mengambil posisi kedua yang direbut Rossi lewat gaya sliding di tikungan pertama. Akan tetapi, posisi tersebut sanggup kembali direbut Rossi beberapa tikungan berikutnya.

Walaupun Marquez gagal merebut kembali posisi kedua, tapi pertarungan dirinya dengan legenda Motogp itu benar-benar menjadikan Marquez sebagai rookie yang bakal paling ditakuti musim ini.

"Naik podium adalah target saya di race pertama ini. Pertarungan yang seru dengan Marquez dan saya gembira bisa finis di posisi kedua karena Lorenzo tampil sempurna malam ini," kata Rossi di akhir lomba.

Hasil Motogp Qatar

Pos  Rider             Tim/Motor               Waktu/Selisih
 1.  Jorge Lorenzo     Yamaha                 42m39.802s
 2.  Valentino Rossi   Yamaha                   + 5.990s
 3.  Marc Marquez      Honda                    + 6.201s
 4.  Dani Pedrosa      Honda                    + 9.473s
 5.  Cal Crutchlow     Tech 3 Yamaha           + 18.764s
 6.  Alvaro Bautista   Gresini Honda           + 22.148s
 7.  Andrea Dovizioso  Ducati                  + 24.355s
 8.  Nicky Hayden      Ducati                  + 24.920s
 9.  Andrea Iannone    Pramac Ducati           + 37.124s
10.  Ben Spies         Pramac Ducati           + 44.908s
11.  Aleix Espargaro   Aspar Aprilia           + 49.809s
12.  Randy de Puniet   Aspar Aprilia           + 56.495s
13.  Hector Barbera    Avintia FTR-Kawasaki  + 1m09.599s
14.  Yonny Hernandez   PBM Aprilia           + 1m10.742s
15.  Hiroshi Aoyama    Avintia FTR-Kawasaki  + 1m13.600s
16.  Claudio Corti     Forward Suter-BMW     + 1m29.444s
17.  Michael Laverty   PBM-Aprilia           + 1m34.341s
18.  Lukas Pesek       Ioda-Suter-BMW        + 1m34.683s

Gagal finis:

     Colin Edwards     Forward Suter-BMW         15 laps
     Danilo Petrucci   Ioda-Suter-BMW            12 laps
     Stefan Bradl      LCR Honda                  8 laps
     Bradley Smith     Tech 3 Yamaha              4 laps
     Bryan Staring     Gresini FTR-Honda           1 lap
     Karel Abraham     Cardion Aprilia            0 laps
 
sumber : bolanews.com 

0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 komentar:

Posting Komentar